Info Terbaru New HSK 7-9

New HSK 7-9 itu apa?

New HSK adalah versi HSK ketiga, yang diumumkan pada tahun 2021. Selain merombak materi level 1 hingga level 6, New HSK juga memiliki level tambahan, yaitu 7-9 atau juga dikenal sebagai ujian HSK Advanced.

Terdapat 6 soal berbeda untuk setiap tingkat New HSK 1-6, dimana peserta memerlukan nilai 60% keatas untuk lulus dan mendapatkan sertifikat. HSK 7-9 hanya terdiri dari 1 soal, dimana nilai peserta menentukan apakah ia akan mendapatkan sertifikat HSK 7, HSK 8, atau HSK 9.

Pendaftaran New HSK 7-9

Ujian New HSK 7-9 akan dimulai pada tanggal 26 November 2022. Saat ini, ujian New HSK hanya berbasis komputer, bukan dikerjakan di kertas. Untuk kamu yang berada di Indonesia, ujian akan dimulai pada awal 2023. Info pendaftaran dan tanggal pasti ujian akan dihadirkan disini.

Download contoh soal New HSK 7-9

Contoh soal beserta audio dan kunci jawaban akan segera hadir disini. Saat ini belum ada contoh soal New HSK dari Hanban. Sementara itu kamu bisa mengecek struktur soal berikut ini:

Struktur Soal New HSK 7-9

Ujian New HSK 7-9 terdiri dari 5 sesi: Listening, Reading, Writing, Translation, dan Speaking; dengan total waktu TIGA SETENGAH JAM!

Sesi 1: Listening

Total 40 soal dengan durasi 30 menit. Terdiri dari 10 soal benar/salah, 12 soal pendek pilihan ganda, dan 18 soal panjang pilihan ganda. Topik termasuk siaran berita, negosiasi bisnis, argumentasi, wawancara, seminar, dokumenter, rapat, pidato, dsb.

Sesi 2: Reading

Total 47 soal dengan durasi 60 menit. Terdiri dari 28 soal pilihan ganda, 5 soal mengurutkan, dan 14 soal menjawab secara subyektif. Topik termasuk berita populer, penelitian sains, laporan penyelidikan, artikel akademik, budaya Tiongkok, dsb.

Akan disediakan waktu istirahat 10 menit sebelum lanjut ke sesi berikut.

Sesi 3: Writing

Total 2 soal dengan durasi 55 menit. Terdiri dari 1 soal menulis 200+ huruf mengenai gambar yang disediakan, dan 1 soal menulis 600+ huruf opini pribadi mengenai suatu topik. Saat ini hanya ada ujian berbasis komputer, sehingga peserta mengerjakan soal dengan mengetik.

Sesi 4: Translation

Total 4 soal dengan durasi 41 menit. Terdiri dari 2 soal menerjemahkan tulisan dan 2 soal interpretasi lisan ke dalam bahasa Mandarin. Peserta akan mendapatkan materi berbahasa Inggris. Materi bahasa lain juga tersedia seperti Bahasa Jepang, Korea, Vietnam, dan Thailand (Kok ga ada Indonesia?).

Peserta mengerjakan soal menerjemahkan tulisan di pagi hari. Setelah 2 jam istirahat siang, peserta melanjutkan ujian soal interpretasi lisan, yang kemudian diikuti oleh sesi Speaking.

Sesi 5: Speaking

Total 5 soal dengan durasi ~24 menit. Terdiri dari 1 soal membaca, 3 soal menjawab pertanyaan, dan 1 soal mengekspresikan pandangan pribadi.

Poin Penting New HSK

  • Materi New HSK 7-9 berisi 5636 kosakata [Klik disini untuk daftar kosakata], namun sekitar 23% dari kosakata tersebut berasal dari HSK lama, terutama dari HSK 6.
  • Pada New HSK terdapat beberapa soal “subyektif” di sesi Listening dan Reading. Peserta bukan menjawab pertanyaan, namun dinilai berdasarkan kemampuan berkomunikasi dan menyampaikan opini. Tentunya semua soal di sesi Writing, Translation, dan Speaking termasuk soal subyektif.
  • New HSK 1-6 berisi materi percakapan sehari-hari, sedangkan New HSK 7-9 berisi materi bahasa tertulis (formal). Pada HSK versi sebelumnya, Materi HSK 1-4 merupakan materi percakapan dan HSK 5-6 merupakan materi tertulis.

Tanya Jawab

Apakah format ujian menggunakan New HSK?

Ujian HSK level 1 hingga 6 masih menggunakan format lama. Menurut info resmi, perubahan akan dilakukan secara perlahan dalam 2-3 tahun. Sedangkan HSK 7-9 akan menggunakan format terbaru sesuai silabus.

Apakah perlu lulus HSK 6 sebelum ikut HSK 7-9?

Tidak perlu. Kamu bisa langsung memilih level yang kamu inginkan. Kamu juga bisa mencoba mock test HSK level lainnya dengan menggunakan software ujian.

Berapa biaya ujian New HSK 7-9?

Biaya ujian New HSK 7-9 belum diumumkan. Info biaya akan dicantumkan disini jika ada pengumuman dari pusat.

Bagaimana cara daftar ujian New HSK 7-9?

Untuk kamu yang berada di Tiongkok atau negara lain, kamu bisa segera menghubungi Test Center. Untuk kamu yang berada di Indonesia, jika tanggal ujian sudah diumumkan di awal 2023, kamu bisa mendaftar melalui website atau admin HSK.